Langsung ke konten utama

Mahabarata - Sengkuni

Dalam dunia wayang Sengkuni terkenal dengan kelicikannya, bisa dibilang dia adalah karakter yang menghalalkan segala cara untuk menang. Sengkuni menjadi ikon kejahatan dan kelicikan khususnya dalam dunia politik.

Kelicikan dan kejahatannya bisa dibilang dikarenakan dia dendam pada Raja Pandu yang berimbas pada Pandawa sebagai anak dan keturunan Raja Pandu. Bisa dibilang Sengkuni adalah sosok yang menggambarkan manusia yang hancur oleh rasa dendam dalam dirinya.

Kata orang bijak, sifat Sengkuni ada dalam diri setiap manusia. Sifat iri, dengki, dendam selalu mengganggu dan berusaha menguasai diri kita, dan tentu saja kita harus belajar menguasainya supaya kita tidak dikuasai oleh sifat Sengkuni itu sendiri.

Sengkuni sendiri dikisahkan memiliki nama asli Harya Suman. Pada mulanya raja kerajaan Plasajenar bernama Suwala. Setelah meninggal, ia digantikan oleh putra sulungnya yang bernama Gandara. Pada suatu hari Gandara ditemani kedua adiknya, yaitu Gandari dan Suman, berangkat menuju kerajaan Mandura untuk mengikuti sayembara memperebutkan Dewi kunti, putri negeri tersebut. 

Dalam perjalanan, rombongan Gandara berpapasan dengan Pandu yang sedang dalam perjalanan pulang menuju kerajaan Hastina setelah memenangkan sayembara Kunti. Pertempuran pun terjadi. Gandara akhirnya tewas di tangan Pandu. Pandu kemudian membawa serta Gandari dan Suman menuju Hastina. 

Sesampainya di Hastina, Gandari diminta oleh kakak Pandu yang bernama Drestarasta untuk dijadikan istri. Gandari sangat marah karena ia sebenarnya ingin menjadi istri Pandu. Suman pun berjanji akan selalu membantu kakaknya itu melampiaskan sakit hatinya. Ia bertekad akan menciptakan permusuhan di antara para Kuraea, anak-anak Drestarastra, melawan para Pandawa, anak-anak Pandu.

Pada suatu hari Suman berhasil mengadu domba Pandu dengan muridnya yang berwujud raja raksasa bernama Prabu Tremboko. Maka, ketegangan terjadi antara Kerajaan Hastina dan Kerajaan Pringgadani. Pandu pun mengirim Gandamana sebagai duta perdamaian. 

Di tengah jalan, Suman menjebak Gandamana sehingga jatuh ke dalam perangkapnya. Suman kemudian kembali ke Hastina untuk melapor kepada Pandu bahwa Gandamana telah berkhianat dan memihak musuh. Pandu segera memutuskan untuk mengangkat Suman sebagai patih baru. 

Gandamana yang ternyata masih hidup muncul dan menyeret Suman. Suman pun dihajar habis-habisan sehingga wujudnya yang tampan berubah menjadi jelek. Sejak saat itu, Suman pun terkenal dengan sebutan Sengkuni, berasal dari kata saka dan uni, yang bermakna "dari ucapan". Artinya, ia menderita cacad buruk rupa adalah karena hasil ucapannya sendiri.

Kekuatan Sengkuni
Bisa dibilang Sengkuni tidak memiliki ilmu Kanuragan yang hebat seperti tokoh sentral pewayangan lainnya. Kedudukan yang tinggi sebagai Patih, dia dapatkan dengan imlu muslihat dan kecurangan.

Walau begitu seluruh tubuhnya dilumuri oleh minyak tala yang membuat tubuhnya kebal terhadap semua senjata. Minyak tala sendiri adalah minyak sakti yang diwariskan untuk Pandawa, tentu saja dengan kelicikan Sengkuni bisa mendapatkannya. setelah Raja Pandu meninggal dunia, pusaka Minyak Tala dititipkan kepada Destarasta supaya kelak diserahkan kepada para Pandawa jika kelak mereka dewasa. 

Ketika ingin diberikan pada para Pandawa ternyata pihak Kurawa juga menginginkannya, terjadi perebutan antara para Pandawa melawan para Kurawa. Dretarastra memutuskan untuk melemparkan minyak tersebut beserta wadahnya yang berupa cupu sejauh-jauhnya. Siapa yang mendapatkannya dialah yang berhak atas minyak tala.

Pandawa dan Korawa segera berpencar untuk bersiap menangkapnya. Ketika semua sudah siap disinilah kelicikan Sengkuni bermain, ketika Destarasta hendak melemparkan cupu, Sengkuni terlebih dahulu menyenggol tangan Dretarastra. Akibatnya, sebagian minyak tala tumpah. Sengkuni segera membuka semua pakaiannya dan bergulingan di lantai untuk membasahi seluruh kulitnya dengan minyak tersebut.


Sengkuni Siraja Judi

Selain terkenal dengan kelicikannya, Sengkuni juga adalah seorang yang ahli judi. Dalam bermain dadu dia bukan hanya bisa melihat dau yang tertutup, atau menghalangi penglihatan lawannya, dia juga bisa mengarahkan dadu sesuai dengan keinginannya. Dengan kelicikan dan keahlian berjudinya Sengkuni bisa mengambil semua harta Pandawa, bahkan mempermalukannya.

Sengkuni Gugur

Sengkuni Gugur pada hari terakhir Baratayuda, Sangkuni bertempur melawan Bima. Kulitnya yang kebal karena pengaruh minyak tala bahkan sempat membuat Bima sulit mengalahkan Sengkuni. semar muncul memberi tahu Bima bahwa kelemahan Sangkuni berada di bagian dubur, karena bagian tersebut dulunya pasti tidak terkena pengaruh minyak tala. 

Bima pun maju kembali. Sangkuni ditangkap dan disobek duburnya menggunakan Kuku Pancanaka yang tumbuh di ujung jari Bima. Ilmu kebal Sengkuni pun musnah. Dengan beringas, Bima menyobek dan menguliti Sangkuni tanpa ampun. Meskipun demikian, Sangkuni hanya sekarat tetapi tidak mati.

Pada sore hari itu, Bima berhasil mengalahkan Duryodhana, pemimpin seratus Korawa. Dalam keadaan sekarat, Duryodana menyatakan bahwa dirinya bersedia mati jika ditemani pasangan hidupnya, yaitu istrinya yang bernama Dewi Banowati. 

Atas nasihat Kresna, Bima pun mengambil Sangkuni yang masih sekarat untuk diserahkan kepada Duryodana. Duryodana yang sudah kehilangan penglihatannya akibat luka parah segera menggigit leher Sangkuni yang dikiranya Banowati. Akibat gigitan itu, Sengkuni pun tewas seketika, begitu pula dengan Duryodana.


Kesimpulan

Cerita tentang Sengkuni masih banyak dan panjang, apalagi cerita keseluruhan dari Mahabarata. Kalau masih penasaran dan ingin mengetahuinya, saya sarankan anda menonton langsung pertunjukan wayang dengan begitu kita juga terus melestarikan kebudayaan lokal.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil, lewat wayang dalang tidak hanya sekedar menghibur, dalam ceritanya juga ada nilai-nilai kebaikan yang bisa kita implementasikan dalam kehidupan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhir Cerita Kekkaishi

Bagi pencinta anime kekkaishi ada kekecewaan pastinya, dimana anime kekkaishi tidak sampai pada akhir cerita seperti pada manganya. Bagi sebagian orang tidak masalah Karena bisa melanjutkan dengan membaca manganya. Tetapi cukup sulit juga mengungat manga kekkaishi berbahasa Indonesia masih belum lengkap dan cukup sulit mencarinya. Daripada panjang lebar mending langsung aja dah ke cerita akhir kekkaishi yang tidak ada animenya. Setelah kakuboro hancur semua kembali normal tetapi bukan berarti tidak ada ancaman, justru ancaman dan serangan ke karasumori semakin besar apalagi kelompok urakai ikut campur dan beberapa pemimpinnya tertarik dengan kekuatan karasumori. Ichiro ougi menjadi salah satu pemimpin urakai pertama yang mencoba menguasai karasumori, Karena dia orang buangan dari keluarga ichiro yang mengasai angin dan termasuk klan yang kuat dan ditakuti, oleh Karena itu masamori berusaha menghadapinya sendiri tanpa melibatkan keluarga yukimura dan sumimura terutama pewaris sah

Ngalengkadiraja / Alengka

Ngalengkadiraja atau juga disebut Kerajaan Alengka adalah sebuah kerajaan yang pada masa jayanya dipimpin oleh Rahwana, dan menjadi tempat pertempuran antara Rahwana dan Sri Rama yang dimenangkan oleh Sri Rama. Raja Ngalengkadiraja Dalam pewayangan Raja pertama ngalengkadiraja atau Alengka adalah Prabu Hiranyakasipu, Hiranyakasipu sendiri gugur ditangan Maharaja Suman. Hiranyakasipu kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Banjaranjali, Rahwana sendiri menjadi Raja terakhir ngalengkadiraja, setelah Rahwana kalah oleh Sri Rama, ngalengkadiraja tidak lagi jadi pusat kerajaan dan memindahkan ke Singgelapura. Masa Keemasan Ngalengkadiraja. Rahwana menjadi raja yang membawa Kerajaan Alengka pada kejayaannya, tetapi pada akhirnya juga hancur dan kalah. Dibawah kepemimpinan Raja Rahwana, dia membuat penduduknya begitu sejahtera. Kerajaan Alengka dikenal sebagai kerajaan yang sangat makmur dan kaya, karena banyak bangunan yang terbuat dari emas. Sri Rama Menyerang Ngalengkadiraja Karena

Kekkaishi - Urakai

Urakai atau organisasi bayangan dalam serial anime dan manga kekkaishi, urakai adalah organisasi rahasia yang dibentuk untuk menjaga keseimbangan dunia, urakai dibentuk saat dunia kacau setelah perang. Hazama tokimori (pendiri teknik kekkai) termasuk dari salah satu pendiri urakai. Pimpian urakai terdiri dari 12 kursi. Pimpinan tertinggi ada pada ketua yang menduduki kursi satu. Ketua satu dan dua urakai sudah memimpin urakai dari awal urakai dibentuk, Persaingan keduanya akan membuat urakai hancur pada akhirnya, selain itu hampir semua pemimpin urakai adalah manusia yang udah bukan manusia lagi, kekuatan dan hasrat untuk lebih kuat udah bikin mereka lupa diri. Kalau dalam anime urakai udah muncul cuma masih belum banyak berperan, cuma baru Ichirou ougi yang bekerja sama sama kokuboro buat nguasain karasumori. Masamori sendiri ketua yang menduduki kursi ke 7, juga sebagai ketua yagyou atau pasukan malam salah satu divisi urakai. Urakai sendiri gabungan dari orang-orang heba