Langsung ke konten utama

Bambang Sumantri

Alkisah hidup dua orang bersaudara, sang kaka bernama Bambang Sumantri dan sang adik bernama Bambang Sukrasana. Mereka adalah putra dari Begawan Suwandagni yang berasal dari Pertapaan Adisekar. Bambang Sumantri memiliki paras yang tampan dan berbadan kekar layaknya seorang pendekar sakti mandraguna, sedangkan sang adik Bambang Sukrasana kebalikannya dia berwajah seperti raksasa dan bertubuh cebol, walau begitu Sukrasana diberikan kelebihan lain yaitu kecerdasan, rendah hati dan pekerja keras.

Mereka tinggal di padepokan milik kakeknya, untuk menimba ilmu. Mereka saling menyayangi, selalu berdua kemanapun mereka pergi. 


Sumantri Mengabdi
Pada suatu malam Sumantri menghadap sang kakek untuk memohon diri agar bisa pergi mencari pekerjaan dan pengalaman diluar padepokan, sang kakek menyarankan Sumantri untuk pergi ke negara Maespati dan mengabdi pada Arjuna Sasrabahu.

Setelah menghadap sang kakek, Bambang Sumantri tidak bisa tidur. Dalam benaknya sedang berkecamuk pikiran apakah harus mengajak sang adik atau tidak. Bambang Sumantri sangat menyayanginya, selain itu selama ini mereka selalu berdua kemanapun pergi.

Tetapi tatap saja ada rasa malu di hati Bambang Sumantri, dia tidak mau rupa sang adik yang buruk rupa dan cebol mempengaruhi reputasinya sebagai kesatria gagah berani. Dan pada akhirnya dia memutuskan untuk pergi sendiri ke Maespati.

Tidak butuh waktu lama untuk sampai, sumantri sendiri diterima oleh raja Arjuna Sasrabahu, tetapi dengan satu syarat, asalkan Bambang Sumantri mampu memenangkan sayembara yang diadakan oleh Negara Magada.

Sayembara tersebut sendiri untuk memperebutkan Dewi Citrawati, Bambang Sumantri mengikuti sayembara dan ada seribu raja dan kesatria lain yang juga mengikuti sayembara tersebut.

Dengan kesaktiannya Bambang Sumantri berhasil memenangkan sayembara tersebut, bahkan bukan hanya Dewi Citrawati yang didapat, seluruh raja yang ikut juga tunduk dan bersedia menjadi bawahannya.

Setelah memenangkan sayembara Bambang Sumantri pergi ke Maespati membawa Dewi Setyawati bersama seribu selir dan seribu raja yang mengiringinya, ditengah perjalanan muncul keraguan dalam dirinya haruskah dia menyerahkan Dewi Citrawati kepada Arjuna Sasrabahu.

Bambang Sumantri merasa dia lebih berhak atas apa yang dia dapatkan dari sayembara yang dia menangkan, setelah sampai Negara Mahespati, Bambang Sumantri menantang Arjuna Sasrabahu. Tantangannya diterima oleh Arjuna Sasrabahu dengan senang hatiku.

Terjadilah pertarungan yang seru dan dahsyat. Ketika Sumantri terdesak dia mengeluarkan ajian pamungkasnya Cakrabaskara untuk menyerang Sasrabahu.

Cakrabaskara menyala, gemuruh suaranya membelah angkasa dan mengejutkan hati Harjuna Sasrabahu. Karena terkejut hatinya, Harjuna Sasrabahu kemudian ber-triwikrama atau mengubah dirinya menjadi raksasa bermuka seribu.

Sumantri berhasil diringkus dan diinjak di bawah telapak kakinya. Sambil menangis, Sumantri meminta ampun atas kelancangan dan kesalahannya. 

Harjuna Sasrabahu mau menerima maafnya tetapi dengan syarat Sumantri harus memindahkan taman Sriwedari dari Swargaloka ke Maespati. Sumantri sendiri menyanggupinya.

Bambang Sumantri menjadi bingung jangankan memindahkan Taman Sriwedari, tempat dimana itu beradapun dia tidak tahu, tetapi itu menjadi satu-satunya cara agar dia bisa menjadi tentara Negara Maespati.

Dalam kesedihannya munculah Sukrasana yang baru sampai menyusul sangkakak, melihat sangkakak bersedih Sukrasana menanyakan apa yang menyebabkan kakaknya bersedih.

Setelah mengetahui maslahnya, Sukrasana bersedia membantu dengab syarat Sukrasana diijinkan mengikuti Sumantri kemanapun ia akan pergi. Sumantri menyetujuinya.

Dengan kesaktiannya, Sukrasana berhasil memutar taman Sriwedari dan dipindahkan ke negeri Maespati. Atas jasanya itu, Sumantri berterima kasih kepada adiknya tetapi dengan pesan agar Sukrasana bersembunyi dan tidak menemuinya di tempat umum.

Pada suatu hari Citrawati bersama pengiringnya di kala sedang bersukaria di taman Sriwedari. Tiba-tiba mereka lari ketakutan karena melihat raksasa kerdil berada di taman. Citrawati kemudian mengadukannya kepada Harjuna Sasrabahu. Sumantri yang telah bergelar Patih Suwanda segera datang memeriksa taman. Ternyata raksasa itu adalah Sukrasana dan Sumantri mengancam agar Sukrasana pergi dengan senjata Cakrabaskara. Namun sial, senjata Sumantri lepas dari tangannya dan tewaslah Sukrasana.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhir Cerita Kekkaishi

Bagi pencinta anime kekkaishi ada kekecewaan pastinya, dimana anime kekkaishi tidak sampai pada akhir cerita seperti pada manganya. Bagi sebagian orang tidak masalah Karena bisa melanjutkan dengan membaca manganya. Tetapi cukup sulit juga mengungat manga kekkaishi berbahasa Indonesia masih belum lengkap dan cukup sulit mencarinya. Daripada panjang lebar mending langsung aja dah ke cerita akhir kekkaishi yang tidak ada animenya. Setelah kakuboro hancur semua kembali normal tetapi bukan berarti tidak ada ancaman, justru ancaman dan serangan ke karasumori semakin besar apalagi kelompok urakai ikut campur dan beberapa pemimpinnya tertarik dengan kekuatan karasumori. Ichiro ougi menjadi salah satu pemimpin urakai pertama yang mencoba menguasai karasumori, Karena dia orang buangan dari keluarga ichiro yang mengasai angin dan termasuk klan yang kuat dan ditakuti, oleh Karena itu masamori berusaha menghadapinya sendiri tanpa melibatkan keluarga yukimura dan sumimura terutama pewaris sah

Ngalengkadiraja / Alengka

Ngalengkadiraja atau juga disebut Kerajaan Alengka adalah sebuah kerajaan yang pada masa jayanya dipimpin oleh Rahwana, dan menjadi tempat pertempuran antara Rahwana dan Sri Rama yang dimenangkan oleh Sri Rama. Raja Ngalengkadiraja Dalam pewayangan Raja pertama ngalengkadiraja atau Alengka adalah Prabu Hiranyakasipu, Hiranyakasipu sendiri gugur ditangan Maharaja Suman. Hiranyakasipu kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Banjaranjali, Rahwana sendiri menjadi Raja terakhir ngalengkadiraja, setelah Rahwana kalah oleh Sri Rama, ngalengkadiraja tidak lagi jadi pusat kerajaan dan memindahkan ke Singgelapura. Masa Keemasan Ngalengkadiraja. Rahwana menjadi raja yang membawa Kerajaan Alengka pada kejayaannya, tetapi pada akhirnya juga hancur dan kalah. Dibawah kepemimpinan Raja Rahwana, dia membuat penduduknya begitu sejahtera. Kerajaan Alengka dikenal sebagai kerajaan yang sangat makmur dan kaya, karena banyak bangunan yang terbuat dari emas. Sri Rama Menyerang Ngalengkadiraja Karena

Kekkaishi - Urakai

Urakai atau organisasi bayangan dalam serial anime dan manga kekkaishi, urakai adalah organisasi rahasia yang dibentuk untuk menjaga keseimbangan dunia, urakai dibentuk saat dunia kacau setelah perang. Hazama tokimori (pendiri teknik kekkai) termasuk dari salah satu pendiri urakai. Pimpian urakai terdiri dari 12 kursi. Pimpinan tertinggi ada pada ketua yang menduduki kursi satu. Ketua satu dan dua urakai sudah memimpin urakai dari awal urakai dibentuk, Persaingan keduanya akan membuat urakai hancur pada akhirnya, selain itu hampir semua pemimpin urakai adalah manusia yang udah bukan manusia lagi, kekuatan dan hasrat untuk lebih kuat udah bikin mereka lupa diri. Kalau dalam anime urakai udah muncul cuma masih belum banyak berperan, cuma baru Ichirou ougi yang bekerja sama sama kokuboro buat nguasain karasumori. Masamori sendiri ketua yang menduduki kursi ke 7, juga sebagai ketua yagyou atau pasukan malam salah satu divisi urakai. Urakai sendiri gabungan dari orang-orang heba