Langsung ke konten utama

Menurunkan Nilai Spam Score Blog

Lagi iseng cek SEO blog berharap DA PA naik atau backlink bertambah eh malah ada yang merah laporannya, setelah dilihat ternyata nilai Spam Score blog saya 31%. Nilai yang cukup tinggi dan mengganggu pikiran dan berujung nyari info kemanamn supaya nilai Spam Score blog bisa turun.

Spam Score (SS) sendiri adalah algoritma yang dikembangkan situs moz (anak usaha Amazon) untuk menilai suatu website apakah website tersebut mempunyai reputasi baik atau buruk, atau apakah situs tersebut termasuk yang menyebarkan spam atau tidak.

Nilai Spam Score biasanya muncul pada mozbar atau dipakai situs lain penyedia layanan SEO untuk ditampilkan sebagai parameter mengukur kualitas situs.

Semakin tinggi nilai Spam Score sebuah situs maka semakin buruk nilai yang didapat, dimana nilai Spam Score menggambarkan apakah situs tersebut termasuk situs Spam atau tidak.

Pembagian Nilai Spam Score :
1- 30 % Rendah
31 - 60 % Sedang
61 - 100 % Tinggi

Kalau melihat pembagian diatas, dan blog saya memilki nilai SS 31% saya tinggal menurunkan minimal satu digit agar memiliki nilai SS rendah dan berdampak baik untuk SEO. Tetapi banyak pakar SEO yang menganjurkan agar nilai Spam Score kalau bisa dibawah 10% agar SEO maksimal.

Untuk menurunkan nilai Spam Score kita harus tahu terlebih dahulu parameter algoritma yang digunakan dalam pemberian nilai Spam Score, dengan mengetahuinya kita bisa melakukan langkah yang tepat.

Setidaknya ada 27 faktor yang dugunakan untuk mengukur Spam Score, kurang lebihnya ada dibawah yang saya dapat hasil dari Googling dari beberapa situs :
  1. Situs atau blog hanya mempunyai sedikit halaman (isi).
  2. Menggunakan TLD yang sering digunakan website spam, misalnya .info, .cc, .pl, dll
  3. Panjang nama domain dan subdomain yang mirip dengan yang digunakan situs spam.
  4. Nama domain menggunakan angka seperti yang sering ditemukan di website spam.
  5. Tidak menggunakan font khusus yang cukup umum ditemukan di website spam
  6. Google tag manager hampir tidak pernah ditemukan di website spam
  7. Tag iklan double klik jarang ditemukan di website spam
  8. Website spam jarang memasang nomer telepon dan kontak di website mereka
  9. Website spam jarang mempunyai halaman linkedin
  10. Alamat email juga jarang ditemukan di website spam
  11. Tidak menggunakan HTTPS.
  12. Website yang cenderung spam biasanya menggunakan meta keywords
  13. Kunjungan website yang sangat sedikit cenderung lebih spam dibandingkan website dengan kunjungan tinggi
  14. Penggunaan rel=canonical non lokal sering diasosiasikan dengan spam
  15. Panjang dari judul halaman yang sangat panjang atau sangat pendek sering menjadi indikasi spam
  16. Panjang dari meta description yang sangat panjang atau sangat pendek adalah ciri- ciri spam
  17. Penggunaan meta keywords yang menumpuk kata kunci
  18. Website spam umumnya tidak menggunakan favicon
  19. Tidak ditemukannya Facebook Tracking Pixels juga sering ditemukan di website spam
  20. Jumlah eksternal link yang tidak wajar menjadi salah satu indikasi kuat website spam
  21. Website spam juga biasanya memasang link keluar menuju domain yang sama dalam jumlah tidak wajar
  22. Rasio antara jumlah link dan jumlah teks konten tidak wajar
  23. Website spam seringkali mempunyai huruf vokal dan huruf konsonan berurutan di nama domain mereka
  24. Website spam kerap menggunakan tanda hubung berkali- kali di nama domain mereka
  25. Website spam biasanya mempunyai URL yang panjangnya tidak wajar
  26. Di dalam halaman situs spam sering ditemukan kata- kata yang erat kaitannya dengan topik spamming, seperti obat- obatan, konten dewasa, game, dsb
  27. Penggunaan kata- kata topik situs spamming seperti obat- obatan, game, konten dewasa, dsb dalam anchor teks juga menjadi indikasi kuat website spam
Dari 27 faktor diatas ada yang harus diusahakan dari awal pembentukan situs, dilakukan dalam pembuatan konten maupun SEO dan juga ada yang harus diperiksa secara berkala.

Untuk poin pertama itu opsional, untuk blog / situs baru pastinya masih dalam proses penambahan isi. Selain ituh banyak situs yang hanya memiliki beberapa halaman (isi), bahkan hanya landingpage saja.

Jadi sepertinya poin utama walau berpengaruh tetapi pengaruhnya hanya sedikit, kualitas isi itu sendiri yang paling penting, walau halaman banyak kalau tidak diiringi kualitas percuma juga.

Untuk poin 2 - 4 harus dilakukan dari awal pembuatan situs / blog, perubahan nama domain atau subdomain / alamat situs sama saja memulai dari awal lagi. Untuk melakukan perubahan harus dipikirkan matang-matang plus minusnya.

Untuk poin yang lainnya adalah poin yang harus diperhatikan ketika menambah konten, melakukan Optimasi dan tentu saja juga harus diperiksa secara berkala untuk memperbaikinya.

Dibawah adalah kiat dari saya untuk menjaga agar Spam Score tetap baik dan juga untuk menurunkan Spam Score.

Membuat Konten Brkualitas
Selain menambah konten yang berkualitas juga harus memperbaiki konten yang sudah ada agar lebih baik dan tetap relevan dengan kondisi dan keadaan. Tujuannya untuk menguatkan SERP dan terus menambah keyword baru.

Menghapus Broken Link
Dalam membuat konten kita sering memasukan link didalamnya, terkadang link yang ada menjadi ruksak atau link tersebut sudah tidak ada sehingga hanya mengarah pada halaman brokenlink.

Memeriksa link dalam blog cukup sulit jika dilakukan secara manual apalagi untuk situs yang sudah lama dan memiki banyak isi. Oleh karena itu kita bisa menggunakan layanan untuk memeriksa broken link pada blog kita, dengan begitu menghapus Broken link akan lebih mudah.

Ada banyak situs yang menawarkan layanan pemeriksaan brokenlink, salah satunya yang biasa saya gunakan adalah https://www.brokenlinkcheck.com/broken-links.php dengan hanya memasukan alamat situs kita kita bisa mengetahui brokenlink berada dan setelah itu tinggal menghapus atau memperbaikinya.

Kita juga bisa menggunakan layanan seperi Ahref yang akan memberitahu lewat email jika ada broken link pada situs.

Selain menghapus jumlah link setiap halaman harus diperhatikan, jangan terlalu banyak link khususnya link ke situs lain, ini justru membuat SERP menurun dan dianggap spam.

Hindari situs Spam, Porn dan Judi
Intinya hindari situs yang melanggar hukum baik dalam memberikan link atau menerima link. Juga hindari membahas atau membagikan hal yang melanggar hukum.

Situs Sehat, Aman dan Bermanfaat
Poin terakhir tetap ikuti aturan yang ada, hindari pelanggaran hukum dan bangun blog atau situs yang sehat, aman dan bermanfaat bagi pengunjung.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhir Cerita Kekkaishi

Bagi pencinta anime kekkaishi ada kekecewaan pastinya, dimana anime kekkaishi tidak sampai pada akhir cerita seperti pada manganya. Bagi sebagian orang tidak masalah Karena bisa melanjutkan dengan membaca manganya. Tetapi cukup sulit juga mengungat manga kekkaishi berbahasa Indonesia masih belum lengkap dan cukup sulit mencarinya. Daripada panjang lebar mending langsung aja dah ke cerita akhir kekkaishi yang tidak ada animenya. Setelah kakuboro hancur semua kembali normal tetapi bukan berarti tidak ada ancaman, justru ancaman dan serangan ke karasumori semakin besar apalagi kelompok urakai ikut campur dan beberapa pemimpinnya tertarik dengan kekuatan karasumori. Ichiro ougi menjadi salah satu pemimpin urakai pertama yang mencoba menguasai karasumori, Karena dia orang buangan dari keluarga ichiro yang mengasai angin dan termasuk klan yang kuat dan ditakuti, oleh Karena itu masamori berusaha menghadapinya sendiri tanpa melibatkan keluarga yukimura dan sumimura terutama pewaris sah

Ngalengkadiraja / Alengka

Ngalengkadiraja atau juga disebut Kerajaan Alengka adalah sebuah kerajaan yang pada masa jayanya dipimpin oleh Rahwana, dan menjadi tempat pertempuran antara Rahwana dan Sri Rama yang dimenangkan oleh Sri Rama. Raja Ngalengkadiraja Dalam pewayangan Raja pertama ngalengkadiraja atau Alengka adalah Prabu Hiranyakasipu, Hiranyakasipu sendiri gugur ditangan Maharaja Suman. Hiranyakasipu kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Banjaranjali, Rahwana sendiri menjadi Raja terakhir ngalengkadiraja, setelah Rahwana kalah oleh Sri Rama, ngalengkadiraja tidak lagi jadi pusat kerajaan dan memindahkan ke Singgelapura. Masa Keemasan Ngalengkadiraja. Rahwana menjadi raja yang membawa Kerajaan Alengka pada kejayaannya, tetapi pada akhirnya juga hancur dan kalah. Dibawah kepemimpinan Raja Rahwana, dia membuat penduduknya begitu sejahtera. Kerajaan Alengka dikenal sebagai kerajaan yang sangat makmur dan kaya, karena banyak bangunan yang terbuat dari emas. Sri Rama Menyerang Ngalengkadiraja Karena

Kekkaishi - Urakai

Urakai atau organisasi bayangan dalam serial anime dan manga kekkaishi, urakai adalah organisasi rahasia yang dibentuk untuk menjaga keseimbangan dunia, urakai dibentuk saat dunia kacau setelah perang. Hazama tokimori (pendiri teknik kekkai) termasuk dari salah satu pendiri urakai. Pimpian urakai terdiri dari 12 kursi. Pimpinan tertinggi ada pada ketua yang menduduki kursi satu. Ketua satu dan dua urakai sudah memimpin urakai dari awal urakai dibentuk, Persaingan keduanya akan membuat urakai hancur pada akhirnya, selain itu hampir semua pemimpin urakai adalah manusia yang udah bukan manusia lagi, kekuatan dan hasrat untuk lebih kuat udah bikin mereka lupa diri. Kalau dalam anime urakai udah muncul cuma masih belum banyak berperan, cuma baru Ichirou ougi yang bekerja sama sama kokuboro buat nguasain karasumori. Masamori sendiri ketua yang menduduki kursi ke 7, juga sebagai ketua yagyou atau pasukan malam salah satu divisi urakai. Urakai sendiri gabungan dari orang-orang heba