Langsung ke konten utama

Tips Investasi Saham - Membuat Acuan Harga Saham

Seperti biasa saya akan membagikan tips saya dalam berinvestasi dengan Saham, dari pemula untuk pemula, hanya sekedar berbagi pengalaman dan opini dan menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua.

Sebagai investor ritel yang modal pas-pasan, tidak berpengalaman dan berwawasan, tips dari saya hanya sekedarnya, mungkin banyak salahnya. Tetapi mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Intinya hanya sekedar berbagi opini.

Setelah beberapa bulan berinvestasi saham, banyak juga saham yang saya beli dan nyangkut diharga atas, walau sudah berusaha menghindari kerugian apalah daya investor ritel minim pengalaman seperti saya mudah terperangkap oleh rayuan atau gombalan spekulan, pada akhirnya saya hanya bisa gigit jari.

Sampai saat ini saya berusaha untuk tidak jual rugi saham yang saya pegang, walau terkedang ada dorongan untuk menjualnya apalagi kalau melihat kerugian yang didapat semakin besar, akibat dari harga saham yang dipegang terus menurun.

Tetapi saya terus menahan nya, tujuannya adalah untuk mengetahui sampai dimana penurunan harga saham yang saya pegang, bagi saya jual rugi buka hanya merugikan kita tetapi juga orang lain yang memegang saham tersebut. 

Dengan aksi jual rugi harga saham akan semakin jatuh, dan pada akhirnya tentu saja berakhir dengan dikoleksi oleh spekulan untuk dikumpulkan, setelah terkumpul banyak harga saham akan dinaikan lagi dan dijual kembali kepada investor ritel pemula yang lain atau bahkan investor lama yang terjebak kembali dengan permainan para spekulan saham.

Membuat acuan harga saham adalah salah satu cara saya menghindari permainan spekulan dengan pompon sahamnya atau gorengannnya. Apalagi setelah mencari informasi pompom dan goreng saham menjadi trend dalam pasar modal bukan hanya di Indonesia tetapi juga di pasar modal negara lain.

Bisa dibilang tidak ada aturan baku yang melarangnya, toh goreng saham dan pompom saham adalah kegiatan cari untung para spekulan lewat mekanisme pasar yang normal lewat cara yang tidak normal.

Untuk menghindarinya pemodal harus bisa membedakan mana saham yang sedang dipermainkan dan mana saham dengan harga yang normal. Disinilah acuan harga saham diperlukan, untuk melihat apakah harga saham adalah harga yang normal atau harga yang mahal karena sudah dimanipulasi.

Dalam membuat acuan harga saham kita bisa melihat harga saham sebelumnya, grafik harga saham beberapa bulan kebelakang, beberapa tahun dan juga harga awal saat saham diperdagangkan.

Perkiraan dari analisis harga terkadang kurang tepat, tetapi sejalan dengan waktu dan pengalaman kita bisa memperkirakan harga saham yang tepat untuk masuk dan keluar (menjual).

Dengan bagitu kita bisa menganalisa dimana harga saham yang pas buat membeli dan juga untuk menjual. Saya sendiri tidak melakukan analisa yang mendalam dalam menentukan harga saham untuk dijadikan acuan dalam membeli saham.

Melihat harga saham sebelumnya khususnya satu sampai dua tahun kebelakang dimana harga normal sebuah saham, dengan melihat itu kita bisa menentukan harga saham atau batas harga atas untuk kita membeli saham, sehingga kita tidak terjebak diharga yang mahal.

Dengan membuat daftar acuan harga saham saya bisa menghindari saham yang sudah berada diharga atas. Biasanya walau banyak analis yang merekomendasikan, sinyal positif banyak bertebaran yang bisa bikin harga saham melambung, saya tidak akan membelinya jika harga sudah berada diatas harga saham yang saya tentukan untuk membelinya.

Membuat acuan hanya menjadi pelengkap agar kita bisa membeli diharga murah dan bisa menjual ketika naik, yang terpenting adalah fundamental perusahaan yang sahamnya kita beli. Sehingga ketika harga tidak mempu bergerak dengan cepat setidaknya kita bisa menyimpan saham untuk jangka panjang dan mendapatkan peningkatan harga dikemudian, juga deviden yang dibagikan.

Sehingga sebelum membuat acuan harga saham, alangkah baiknya kita mencari informasi tentang perusahaan tersebut, kinerja keuangan, sektor usaha yang dijalankan, kinareja masa lalu, pembagian dividen dan lainnya.

Setelah mengetahui bahwa fundamental perusahaan bagus dan saham tersebut layak dikoleksi, maka kita tinggal membuat acuan harga untuk membeli saham.

Sekali lagi acuan harga saham hanya menjadi salah satu cara untuk meminimalisir kerugian untuk investor ritel, yang terpenting adalah saham yang kita pilih adalah saham dari perusahaan berkualitas khususnya segi fundamental nya. Sehingga walau nyangkut kita masih berharap perkembangan jangka panjang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhir Cerita Kekkaishi

Bagi pencinta anime kekkaishi ada kekecewaan pastinya, dimana anime kekkaishi tidak sampai pada akhir cerita seperti pada manganya. Bagi sebagian orang tidak masalah Karena bisa melanjutkan dengan membaca manganya. Tetapi cukup sulit juga mengungat manga kekkaishi berbahasa Indonesia masih belum lengkap dan cukup sulit mencarinya. Daripada panjang lebar mending langsung aja dah ke cerita akhir kekkaishi yang tidak ada animenya. Setelah kakuboro hancur semua kembali normal tetapi bukan berarti tidak ada ancaman, justru ancaman dan serangan ke karasumori semakin besar apalagi kelompok urakai ikut campur dan beberapa pemimpinnya tertarik dengan kekuatan karasumori. Ichiro ougi menjadi salah satu pemimpin urakai pertama yang mencoba menguasai karasumori, Karena dia orang buangan dari keluarga ichiro yang mengasai angin dan termasuk klan yang kuat dan ditakuti, oleh Karena itu masamori berusaha menghadapinya sendiri tanpa melibatkan keluarga yukimura dan sumimura terutama pewaris sah

Ngalengkadiraja / Alengka

Ngalengkadiraja atau juga disebut Kerajaan Alengka adalah sebuah kerajaan yang pada masa jayanya dipimpin oleh Rahwana, dan menjadi tempat pertempuran antara Rahwana dan Sri Rama yang dimenangkan oleh Sri Rama. Raja Ngalengkadiraja Dalam pewayangan Raja pertama ngalengkadiraja atau Alengka adalah Prabu Hiranyakasipu, Hiranyakasipu sendiri gugur ditangan Maharaja Suman. Hiranyakasipu kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Banjaranjali, Rahwana sendiri menjadi Raja terakhir ngalengkadiraja, setelah Rahwana kalah oleh Sri Rama, ngalengkadiraja tidak lagi jadi pusat kerajaan dan memindahkan ke Singgelapura. Masa Keemasan Ngalengkadiraja. Rahwana menjadi raja yang membawa Kerajaan Alengka pada kejayaannya, tetapi pada akhirnya juga hancur dan kalah. Dibawah kepemimpinan Raja Rahwana, dia membuat penduduknya begitu sejahtera. Kerajaan Alengka dikenal sebagai kerajaan yang sangat makmur dan kaya, karena banyak bangunan yang terbuat dari emas. Sri Rama Menyerang Ngalengkadiraja Karena

Kekkaishi - Urakai

Urakai atau organisasi bayangan dalam serial anime dan manga kekkaishi, urakai adalah organisasi rahasia yang dibentuk untuk menjaga keseimbangan dunia, urakai dibentuk saat dunia kacau setelah perang. Hazama tokimori (pendiri teknik kekkai) termasuk dari salah satu pendiri urakai. Pimpian urakai terdiri dari 12 kursi. Pimpinan tertinggi ada pada ketua yang menduduki kursi satu. Ketua satu dan dua urakai sudah memimpin urakai dari awal urakai dibentuk, Persaingan keduanya akan membuat urakai hancur pada akhirnya, selain itu hampir semua pemimpin urakai adalah manusia yang udah bukan manusia lagi, kekuatan dan hasrat untuk lebih kuat udah bikin mereka lupa diri. Kalau dalam anime urakai udah muncul cuma masih belum banyak berperan, cuma baru Ichirou ougi yang bekerja sama sama kokuboro buat nguasain karasumori. Masamori sendiri ketua yang menduduki kursi ke 7, juga sebagai ketua yagyou atau pasukan malam salah satu divisi urakai. Urakai sendiri gabungan dari orang-orang heba