Langsung ke konten utama

Mengoleksi Semua ETF yang ada di bursa

Seperti biasa ada saja investasi yang sedikit ngeyel tetapi kalau di lakukan lumayan juga. Setelah investasi pada saham gocap, sekarang saya juga brencana mengoleksi semua etf yang ada di bursa. Karakteristik seperti reksadana dan diperjual belikan seperti saham, memiliki resiko lebih rendah dibanding saham membuat ETF bisa dijadikan pembeda dalam investasi pada bursa saham.

Tentu saja harus ada batasan dalam membeli ETF, sama seperti investasi yang lain. Untuk saat ini batasan yang saya lakukan adalah membeli beberapa ETF, salah satunya adalah maksimal setiaf etf nya hanya 10 slot saja. Walau dirasa bagus dan bisa memberikan imbal hasil yang lumayan batasan tersebut harus tetap dilakukan. 

Yang kedua adalah total investasi pada semua ETF tidak lebih dari sepuluh persen dari total investasi keseluruhan. Jadi jumlah ETF yang saya koleksi mengikuti perkembangan investasi saya dipasar modal. Walau ngebet pengen secepatnya memilki semua ETF tetapi batasan yang saya buat menjadi penghalang agar investasi yang dilakukan tetap menghasilkan profit yang maksimal dan mengurangi resiko.

Lalau kenapa harus semua ETF kenapa tidak membeli beberapa ETF yang bagus.? 

Masalahnya walau ETF biasanya mengeluarkan laporan tiap hari, untuk investor ritel seperti saya terlalu ribet dan tidak ada waktu untuk menganalis secara mendalam.
Selain itu ETF dikeluarkan oleh Manager Invetsai yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi terutama reksadana, jadi saya asumsikan modal yang terkumpul bisa memberikan keuntungan bagi semua pihak.
Walau begitu beberapa ETF juga mengalami yang namanya penurunan harga dan tidak membagikan dividen.

ETF Untuk Jangka Pendek
Harga ETF cenderung stabil, penwaran dan permintaan jual belinya juga sangat rendah jika modal terlalu besar pada satu ETF sepertinya akan sulit jika dilakukan penjualan dalam jumlah besar, ketika harga naik kita bisa menjual beberap slot, jika harga turun kita bisa membeli beberapa slot juga.

Untuk Jangka Panjang
Sebagai investor ritel saya tidak terlalu memperhatikam laporan yang ada, saya hanya berasumsi lewat apa yang sudah didapat dan dirasakan ketika berinvestasi. Oleh karena itu dengan memiliki ETF secara langsung saya bisa mengetahui mana ETF yang menguntungkan dan mana ETF yang jalan ditempat atau justru merugikan.

Untuk jangka panjang ETF bisa dijadikan tabungan atau sebagai Diversifikasi dalam investasi pasar modal, komposisinya bisa sepuluh persen dari total investasi, bisa lebih besar atau lebih kecil dari itu. Intinya ETF sangat cocok untuk investasi jangka panjang, dengan batasan kepemilikannya. Harga cukup stabil dan beberapa ETF cukup sering membagikan dividen walau dalam persentasi yang kecil.

Untuk saat ini ETF yang saya koleksi ada yang memberikan return atau penghasilan yang lumayan dari dividen yang dibagikan walau terbilang kecil, juga peningkatan harga yang juga lambat tidak seperti saham. Tetapi tergolong aman dan tidak ada pergerakan kenaikan atau penurunan harga yang ekstrim.

Ada juga yang melempem kejona merah karena penurunan harga ditambah tidak juga membagikan dividen, tetapi tidak tau juga kedepannya, toh dalam dunia investasi terkadang semuanya berbalik arah, tetapi  histori sebelumnya bisa dijadikan tolak ukur dalam mengambil langkah.

Kedepannya fokus pada ETF yang baik menjadi fokus, setidaknya dengan mengoleksi semua ETF bisa menjadi tolak ukur untuk menentukannya.

Sejauh ini investasi saya pada etf tidak terlalu buruk bahkan cukup baik, walau ada yang menurun tetapi tertutup dengan dividen yang didapat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhir Cerita Kekkaishi

Bagi pencinta anime kekkaishi ada kekecewaan pastinya, dimana anime kekkaishi tidak sampai pada akhir cerita seperti pada manganya. Bagi sebagian orang tidak masalah Karena bisa melanjutkan dengan membaca manganya. Tetapi cukup sulit juga mengungat manga kekkaishi berbahasa Indonesia masih belum lengkap dan cukup sulit mencarinya. Daripada panjang lebar mending langsung aja dah ke cerita akhir kekkaishi yang tidak ada animenya. Setelah kakuboro hancur semua kembali normal tetapi bukan berarti tidak ada ancaman, justru ancaman dan serangan ke karasumori semakin besar apalagi kelompok urakai ikut campur dan beberapa pemimpinnya tertarik dengan kekuatan karasumori. Ichiro ougi menjadi salah satu pemimpin urakai pertama yang mencoba menguasai karasumori, Karena dia orang buangan dari keluarga ichiro yang mengasai angin dan termasuk klan yang kuat dan ditakuti, oleh Karena itu masamori berusaha menghadapinya sendiri tanpa melibatkan keluarga yukimura dan sumimura terutama pewaris sah

Ngalengkadiraja / Alengka

Ngalengkadiraja atau juga disebut Kerajaan Alengka adalah sebuah kerajaan yang pada masa jayanya dipimpin oleh Rahwana, dan menjadi tempat pertempuran antara Rahwana dan Sri Rama yang dimenangkan oleh Sri Rama. Raja Ngalengkadiraja Dalam pewayangan Raja pertama ngalengkadiraja atau Alengka adalah Prabu Hiranyakasipu, Hiranyakasipu sendiri gugur ditangan Maharaja Suman. Hiranyakasipu kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Banjaranjali, Rahwana sendiri menjadi Raja terakhir ngalengkadiraja, setelah Rahwana kalah oleh Sri Rama, ngalengkadiraja tidak lagi jadi pusat kerajaan dan memindahkan ke Singgelapura. Masa Keemasan Ngalengkadiraja. Rahwana menjadi raja yang membawa Kerajaan Alengka pada kejayaannya, tetapi pada akhirnya juga hancur dan kalah. Dibawah kepemimpinan Raja Rahwana, dia membuat penduduknya begitu sejahtera. Kerajaan Alengka dikenal sebagai kerajaan yang sangat makmur dan kaya, karena banyak bangunan yang terbuat dari emas. Sri Rama Menyerang Ngalengkadiraja Karena

Kekkaishi - Urakai

Urakai atau organisasi bayangan dalam serial anime dan manga kekkaishi, urakai adalah organisasi rahasia yang dibentuk untuk menjaga keseimbangan dunia, urakai dibentuk saat dunia kacau setelah perang. Hazama tokimori (pendiri teknik kekkai) termasuk dari salah satu pendiri urakai. Pimpian urakai terdiri dari 12 kursi. Pimpinan tertinggi ada pada ketua yang menduduki kursi satu. Ketua satu dan dua urakai sudah memimpin urakai dari awal urakai dibentuk, Persaingan keduanya akan membuat urakai hancur pada akhirnya, selain itu hampir semua pemimpin urakai adalah manusia yang udah bukan manusia lagi, kekuatan dan hasrat untuk lebih kuat udah bikin mereka lupa diri. Kalau dalam anime urakai udah muncul cuma masih belum banyak berperan, cuma baru Ichirou ougi yang bekerja sama sama kokuboro buat nguasain karasumori. Masamori sendiri ketua yang menduduki kursi ke 7, juga sebagai ketua yagyou atau pasukan malam salah satu divisi urakai. Urakai sendiri gabungan dari orang-orang heba