Langsung ke konten utama

Tetap Produktif di Masa Sulit

Perekonomian nasional maupun global sedang lesu, setidaknya itu yang diberitakan oleh media, selain itu ada obrolan di warung kopi tentang susahnya mencari kerja dan mahalnya harga sembako saat ini. Atau tentang gaji pegawai yang masih sama sedangkan beban pengeluaran membesar.

Masih banyak problema kehidupan sehari-hari yang dirasakan masyarakat, kambing hitamnya tentu saja covid dan perang antara Rusia dan Ukraina yang entah kapan akan berakhir. Covid-19, ah sudahlah stidaknya ketakutan kita sudah mulai berkurang, setidaknya pembatasan yang menghambat ekonomi sudah mulai dihilangkan. Perang Rusia Ukraina setidaknya kita juga mulai terbiasa, walau begitu semoga segera berakhir dan perdamain segera terwujud bukan hanya untuk Rusia dan Ukraina tetapi untuk semuanya.

Masalah ekonomi saat ini bukan hanya sekedar perut kenyang diiisi oleh makanan, sekarang banyak kebutuhan yang sebenarnya bukan kebutuhan pokok tetapi karena terbiasa menjadi sangat penting. Muali dari jajanan anak, hobi untuk menghilangkan jenuh, sampai popok bayi yang harganya mungkin tidak seberapa tetapi jika diakumulasi ternyata cukup besar juga pengeluaran setiap bulannya.

Menghemat bukan lagi perkara mudah dijaman serba beli, serba uang dan serba wah untuk saat ini. Perut kenyang bukan jaminan tenang, ada pulsa dan kuota smartphone yang harus diiisi, ada bahan bakar kendaraan yang harus dibeli, dan sesekali butuh nongkrong diwarung kopi untuk sekedar bercengkarama dan mengobrol tentang dunia dan tentang segalanya.

Tetap produktif itu penting, tetapi Produktif dimasa sulit itu sulit, terkadang ketika kantong kosong otak menjadi kosong juga. Alih-alih produktif justru terkadang pengeluaran yang membengkak. Hidup terkadang sulit tetapi hidup tetaplah hidup harus terus produktif walau dimasa sulit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akhir Cerita Kekkaishi

Bagi pencinta anime kekkaishi ada kekecewaan pastinya, dimana anime kekkaishi tidak sampai pada akhir cerita seperti pada manganya. Bagi sebagian orang tidak masalah Karena bisa melanjutkan dengan membaca manganya. Tetapi cukup sulit juga mengungat manga kekkaishi berbahasa Indonesia masih belum lengkap dan cukup sulit mencarinya. Daripada panjang lebar mending langsung aja dah ke cerita akhir kekkaishi yang tidak ada animenya. Setelah kakuboro hancur semua kembali normal tetapi bukan berarti tidak ada ancaman, justru ancaman dan serangan ke karasumori semakin besar apalagi kelompok urakai ikut campur dan beberapa pemimpinnya tertarik dengan kekuatan karasumori. Ichiro ougi menjadi salah satu pemimpin urakai pertama yang mencoba menguasai karasumori, Karena dia orang buangan dari keluarga ichiro yang mengasai angin dan termasuk klan yang kuat dan ditakuti, oleh Karena itu masamori berusaha menghadapinya sendiri tanpa melibatkan keluarga yukimura dan sumimura terutama pewaris sah

Ngalengkadiraja / Alengka

Ngalengkadiraja atau juga disebut Kerajaan Alengka adalah sebuah kerajaan yang pada masa jayanya dipimpin oleh Rahwana, dan menjadi tempat pertempuran antara Rahwana dan Sri Rama yang dimenangkan oleh Sri Rama. Raja Ngalengkadiraja Dalam pewayangan Raja pertama ngalengkadiraja atau Alengka adalah Prabu Hiranyakasipu, Hiranyakasipu sendiri gugur ditangan Maharaja Suman. Hiranyakasipu kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Banjaranjali, Rahwana sendiri menjadi Raja terakhir ngalengkadiraja, setelah Rahwana kalah oleh Sri Rama, ngalengkadiraja tidak lagi jadi pusat kerajaan dan memindahkan ke Singgelapura. Masa Keemasan Ngalengkadiraja. Rahwana menjadi raja yang membawa Kerajaan Alengka pada kejayaannya, tetapi pada akhirnya juga hancur dan kalah. Dibawah kepemimpinan Raja Rahwana, dia membuat penduduknya begitu sejahtera. Kerajaan Alengka dikenal sebagai kerajaan yang sangat makmur dan kaya, karena banyak bangunan yang terbuat dari emas. Sri Rama Menyerang Ngalengkadiraja Karena

Kekkaishi - Urakai

Urakai atau organisasi bayangan dalam serial anime dan manga kekkaishi, urakai adalah organisasi rahasia yang dibentuk untuk menjaga keseimbangan dunia, urakai dibentuk saat dunia kacau setelah perang. Hazama tokimori (pendiri teknik kekkai) termasuk dari salah satu pendiri urakai. Pimpian urakai terdiri dari 12 kursi. Pimpinan tertinggi ada pada ketua yang menduduki kursi satu. Ketua satu dan dua urakai sudah memimpin urakai dari awal urakai dibentuk, Persaingan keduanya akan membuat urakai hancur pada akhirnya, selain itu hampir semua pemimpin urakai adalah manusia yang udah bukan manusia lagi, kekuatan dan hasrat untuk lebih kuat udah bikin mereka lupa diri. Kalau dalam anime urakai udah muncul cuma masih belum banyak berperan, cuma baru Ichirou ougi yang bekerja sama sama kokuboro buat nguasain karasumori. Masamori sendiri ketua yang menduduki kursi ke 7, juga sebagai ketua yagyou atau pasukan malam salah satu divisi urakai. Urakai sendiri gabungan dari orang-orang heba